Pembelajaran Bermuatan STEAM dengan Media Loose Parts di Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Fitri Nurhayati Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Babakan, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.222

Keywords:

Pembelajaran Bermuatan STEAM, Media Loose Parts

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan pembelajaran bermuatan STEAM dengan media loose parts yang ada di Taman Kanak-kanak.   Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pelaksanaan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dua metode, yaitu metode observasi dan metode wawancara. Observasi dilakukan saat guru melakukan persiapan, pelaksanaan pembelajaran dan penataan loose parts. Sedangkan wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data mengenai perasaan yang dirasakan oleh anak saat anak mengikuti proses pembelajaran bermuatan STEAM dengan media loose parts. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penyatuan proses pembelajaran yang bermuatan STEAM dan media loose parts, maka pembelajaran menjadi lebih bermakna juga berdampak positif baik bagi perkembangan anak dan guru. Dampak positif bagi anak, anak akan lebih kreatif, inovatif, dan dapat berpikir kritis dalam menciptakan produk-produk baru sesuai dengan ide-ide mereka dan perasaan mereka senang dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, Sedangkan bagi guru, guru juga dapat lebih kreatif dan inovatif dalam mengemas, menata dan melakukan pembelajaran dengan media loose parts.

References

A Furchan. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Atabik, A., & Burhanuddin, A. (2008). Prinsip dan Metode Pendidikan Pada Anak Usia Dini, 3(2), 16—78.

Aulia, W. (2019). Pendekatan STREAM terhadap peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.

Children, Y., Tay, J., Salazar, A., & Lee, H. (2018). Parental Perceptions of STEM Enrichment for. https://doi.org/10.1177/0162353217745159

Core, C., Standards, S., & Practices, B. (2015). EDC Learning transforms lives, 2—8. Retrieved from http://interactivestem.org/wp-content/uploads/2015/09/Interactive-STEM-Brief-Counting-and-Cardinality-Sept-16-Final-File.pdf

Danniels, E., & Pyle, A. (2018). Defining Play-based Learning, (February), 1—5.

Dyah, W., Wardhani, L., Atniati, I., & Septiani, N. (2021). Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts ( Bahan Lepasan ), 5(2), 1894—1904. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.694

Elofsson, J., Andersson, U., Samuelsson, J., Gustafson, S., & Björklund, C. (2017). Children’s early mathematics learning and development : number game interventions and number line estimations. Retrieved from http://urn.kb.se/resolve?urn=urn:nbn:se:liu:diva-137477%0Ahttp://dx.doi.org/10.3384/diss.diva-137477%0Ahttp://liu.diva-portal.org/smash/get/diva2:1096126/FULLTEXT01

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. https://doi.org/10.1016/S0262-8856(98)00132-2

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Prameswari, T. W., Lestariningrum, A., Nusantara, U., & Kediri, P. (2020). STEAM Based Learning Strategies by Playing Loose Parts for the Achievement of 4C Skills in Children 4-5 Years, 7(1), 24—34.

Pyle, A. (2018). Play-based learning, (February).

Ryoo, J. H., Molfese, V. J., Heaton, R., Zhou, X., Brown, E. T., Prokasky, A., & Davis, E. (2014). Early Mathematics Skills From Prekindergarten to First Grade. Journal of Advanced Academics, 25(3), 162—188. https://doi.org/10.1177/1932202X14538975

Suyanto, S. (2005). Pembelajaran untuk anak usia TK. Jakarta: Depdiknas.

Tippett, C. D., & Milford, T. M. (2017). Findings from a Pre-kindergarten Classroom : Making the Case for STEM in Early Childhood Education, 15. https://doi.org/10.1007/s10763-017-9812-8

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., & Nurjanah, N. E. (2020). THE UTILIZATION OF LOOSE PARTS MEDIA IN STEAM LEARNING FOR EARLY CHILDHOOD, 2, 1—5.

Whitebread, D., Basilio, M., Kuvalja, M., & Verma, M. (2012). The importance of play. A report on the value of children’s play with a series of policy recommendations. Toy Industries of Europe, (April), 1—55. https://doi.org/10.5455/msm.2015.27.438-441

Zubaidah, S., & Malang, U. N. (2019). STEAM ( Science , Technology , Engineering , Arts , and Mathematics ): STEAM ( Science , Technology , Engineering , Arts , and Mathematics ): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21 1, (September).

Downloads

Published

2022-01-22

How to Cite

Nurhayati, F. (2022). Pembelajaran Bermuatan STEAM dengan Media Loose Parts di Taman Kanak-Kanak. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 227–232. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.222

Issue

Section

Research Articles

Citation Check