Pengembangan Media Video Animasi Pop-up book Rumah Adat di Indonesia dalam Pembelajaran IPS di SD

Authors

  • Agnia Rahmi Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Tin Rustini Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.462

Abstract

Penelitian ini didasarkan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi saat kini sudah berkembang pesat, pendidikan harus mampu berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi. Pembelajaran harus menggunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran digital sebagai sarana pembelajaran saat ini. Dengan memperhatikan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini ialah untuk menggambarkan serta mengembangkan produk yaitu video animasi pop-up book yang layak digunakan. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah D&D (Design and Development) dengan menerapkan prosedur ADDIE  yang mencakup lima langkah, yaitu analisis desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rekapitulasi penilaian produk oleh para ahli memperoleh nilai 96,18%. Uji coba produk yang dilakukan di SDN Cibiru 090 dan SD Plus Al-Ghifari memperoleh rekapitulasi penilaian dari guru dan siswa, yaitu 93,45%. Maka dari itu, media video animasi pop-up book ini layak digunakan oleh pengajar dan murid di kelas 4 SD untuk mendukung proses belajar mengajar digital. 

Downloads

Published

2023-05-13

How to Cite

Agnia Rahmi, & Tin Rustini. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Pop-up book Rumah Adat di Indonesia dalam Pembelajaran IPS di SD. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 112–120. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.462

Issue

Section

Research Articles

Citation Check