Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini Terintegrasi Kitab Wedangga Jyotisha

Authors

  • Putu Eka Sastrika Ayu Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • Kadek Hengki Primayana Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Putu Yoga Purandina Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • Kadek Ari Wisudayanti Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.145

Keywords:

e-module, early childhood, science, learning, wedangga jyotisha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan terhadap e-modul pembelajaran sains untuk anak usia dini terintegrasi kitab wedangga jyotisha, mengetahui design e-modul pembelajaran sains untuk anak usia dini terintegrasi kitab wedangga jyotisha, mengetahui kualitas e-modul pembelajaran sains untuk anak usia dini terintegrasi kitab wedangga jyotisha hasil pengembangan dari aspek validitas, reliabilitas dan kepraktisan. Pengembangannya terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Analisis kebutuhan e-modul merupakan jenis data kualitatif dan kuantitatif, design e-modul jenis datanya kualitatif dan kualitas e-modul mencari data validitas, reliabilitas, dan kepraktisan modul dengan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa e-modul pembelajaran sains untuk anak usia dini terintegrasi kitab wedangga jyotisha sangat dibutuhkan oleh mahasiswa. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran harus menumbuhkan kemandirian siswa. Design e-modul telah mengacu pada kriteria secara kualitatif maupun secara kuantitatif. Kualitas e-modul sudah memenuhi dari aspek validitas, reliabilitas dan kepraktisan

Author Biography

Kadek Hengki Primayana, Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja

ID SCOPUS : 57219776192

References

Aminoto, T. (2014). Penerapan media e-learning berbasis schoology untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi usaha dan energi di kelas xi sma n 10 kota jambi. Sainmatika: Jurnal Sains Dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221167.

Ayu, P. S., Marhaeni, A., & Budiadnyana, P. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Belajar Dan Berinovasi Pada Mata Pelajaran Ipa Sd. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 90—100. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i2.2696

Bafadal, I. (2001). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian, Yogyakarta; CV. Andi Offset.

Dillon, C. L., & Gunawardena, C. N. (1995). A framework for the evaluation of telecommunications-based distance education. 17th Congress of the International Council for Distance Education, Open University, Milton Keynes.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan diri dan kemandirian belajar pada siswa SMA negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43—49.

Rustaman, N., & Rustaman, A. (2001). Keterampilan bertanya dalam Pembelajaran IPA. Dalam Hand Out Bahan Pelatihan Guru-Guru IPA SLTP Se Kota Bandung Di PPG IPA. Depdiknas.

Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan e-modul mata kuliah strategi pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2).

Suyanto, S. (2005). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Depdiknas, 83.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.

Zainul, R., & Oktavia, B. (2018). Pengenalan Dan Pengembangan E-Modul Bagi Guru-Guru Anggota Mgmp Kimia Dan Biologi Kota Padang Panjang.

Downloads

Published

2021-10-21

How to Cite

Ayu, P. E. S., Primayana, K. H., Purandina, I. P. Y., & Wisudayanti, K. A. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini Terintegrasi Kitab Wedangga Jyotisha. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 193–199. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.145

Issue

Section

Research Articles

Citation Check