Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Aplikasi Kahoot pada Mata Kuliah Neurosains Anak Usia Dini

Isnaini Isnaini, Ambiyar Ambiyar, Ishak Aziz, Afriwes Afriwes

Abstract


Hadirnya teknolgi komunikasi di dekat kita membawa kemudahan pada segala hal. salah satunya yaitu dikembangkan serta implementasikan secara tepat di bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi kahoot pada mata kuliah Neurosains anak usia dini. Menggunakan metode kualitatif dengan membuat kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa dengan jumlah responden sebanyak  24 mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan  menggunakan cara klasifikasi data, kemudian memberikan penafsiran terhadap data tersebut. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa aplikasi kahoot memiliki potensi untuk, mengoptimalkan, memotivasi  dan meningkatkan minat mahasiswa dalam belajar. Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi kahoot adalah sangat positif dengan kategori indeks total mencapai 82,14%. Persepsi mahasiswa terhadap aplikasi kahoot adalah aplikasi kahoot dapat meningkatkan minat dan  motivasi dalam belajar serta membantu proses pembelajaran untuk lebih bermakna. Kemudian mahasiswa sangat setuju jika aplikasi kahoot digunakan sebagai alat evaluasi dan mahasiswa juga merekomendasikan penggunaan aplikasi kahoot pada mata kuliah yang lainnya

Keywords


Persepsi; Mahasiswa; Aplikasi Kahoot

Full Text:

PDF

References


Achru, A. (2019). Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran. Jurnal Idaarah, 3(2), 205-215.

Ahmad, A., Afrizal, J., & Wulandari, N. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Kahoot di Perguruan Tinggi untuk Konteks Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing. GERAM, 9(1), 24-29.

Arifin, F. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran di STIABI Riyadul'ulum. In Prosiding Seminar Nasional Ahlimedia (Vol. 1, No. 1, pp. 8-18).

Centauri, B. (2019). Efektivitas Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif Di SDN-7 Bukit Tunggal. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi Ii (Vol. 1, No. 1, pp. 124-133).

Darmawan, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Materi Ruang Lingkup Biologi. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 91-99.

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172-186.

Faznur, L. S., Khaerunnisa, K., & Sumardi, A. (2020). Aplikasi Kahoot Sebagai Media Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Guru Sma Di Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2), 39-44.

Hadijah, H., Pratolo, B. W., & Rondiyah, R. (2020). Interactive game “Kahoot!” as the media of students’ vocabulary assessment. Journal on English as a Foreign Language, 10(1), 84-102.

Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh media Kahoot dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 3(1), 46-50.

Irwan, I., & Waldi, A. (2019). Implementasi Kahoot! sebagai Inovasi Pembelajaran. Journal of Civic Education, 2(1), 126-140.

Kaunang, S. E. J. (2020). Model Pembelajaran Menarik Dengan Menggunakan Aplikasi Kahoot Sebagai Bahan Evaluasi Keberhasilan Belajar Untuk Mahasiswa. Dinamika Pembelajaran, 2(2).

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 99-104). Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning Dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus (pp. 1-7).

Sartini, S. (2020). Kahoot in Maritime English Teaching: Its Impact on Nautical Science Cadet's Oral Reproduction and Vocabulary. English Language Teaching Educational Journal, 3(1), 41-51.

Saturno, M., Pertel, V. M., Deschamps, F., & Loures, E. (2018). Proposal for new automation architecture solutions for industry 4.0. LogForum, 14(2).

Sumarso. (2019). Pembimbingan Guru Membuat Kuis Online Kahoot dengan Combro, Sleman : Deepublish.

Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 456-469).

Utami, A. K. Z., & Hamdun, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN 4 Kebumen. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(1), 20-31.




DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Isnaini Isnaini, Ambiyar Ambiyar, Ishak Aziz, Afriwes Afriwes

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.