Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dengan Permainan Ludo

Main Article Content

Sulis Afrianti Prodi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia, Indonesia
Musnar Indra Daulay Prodi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia, Indonesia
Putri Asilestari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak. Hal ini diduga disebabkan oleh kurang menariknya media yang digunakan oleh guru Dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan Ludo di paud Kijang rejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pembelajaran secara kelompok dengan subjek penelitian peserta didik Paud Kijang Rejo pada kelompok usia 5-6 tahun yang berjumlah 19 peserta didik pada semester II tahun ajaran 2017-2018. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing  3 kali hasil pertemuan dilaksanakan di PAUD Kijang Rejo kecamatan Tapung kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data  menggunaka observasi. Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui permainan tradisional ludo, Sebelum dilakukan penelitian dengan persentase 31,9%, siklus I mengalami peningkatan dengan persentase 58,7%, dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi dengan persentase 77,1%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa melalui permainan tradisional Ludo dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini 5-6 tahun dalam aspek mengenal bentuk geometri, mengenal bilangan, dan mengelompokkan warna.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Afrianti, S., Daulay, M., & Asilestari, P. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dengan Permainan Ludo. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 52-59. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.6