Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan kreativitas anak usia dini melalui bentuk geometri di era digital, penulis menemukan bahwa perkembangan kreativitas tersebut dapat dilihat dari penggunaan media permainan seperti tangram atau kepingan geometri. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka atau studi kepustakaan yaitu berisi teori teori yang relevan dengan masalah–masalah penelitian. Hasil penelitian ini didukung dengan penelitian yang dilakukan Putri Rahmi, dkk di TKN Pembina Lawe Alas, menyatakan bahwa bermain tangram dapat meningkatkan kreativitas anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri. Melalui 3 tahap pengujian, anak mengalami peningkatan disetiap tahapannya, sehingga secara keseluruhan terjadi perkembangan kreativitas anak mencapai 70% melalui permainan tangram. Selain itu penelitian yang dilakukan pada Kelompok B TK IT Permata Bunda Mranggen Demak, Kelompok B di TK Aba Jemawan IV Jatinom dan Kelompok Belajar Bina Insan Mandiri Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang yang menyatakan bahwa permainan tersebut memberi pengaruh yang positif pada anak. Sehingga pengalaman menggunakan Tangram membantu anak-anak mengembangkan sikap positif terhadap geometri, mengembangkan keterampilan identifikasi dan klasifikasi mereka, dan menumbuhkan pemahaman tentang konsep dan hubungan geometris dasar

Keywords


Geometri; Kreativitas; Mengembangkan Permainan Tangram