Internalisasi Nilai dan Budaya Sunda di SDN Ciluluk 1 dan 2

Authors

  • Aulia Nur Hakim Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-3548-5450
  • Annisa Sabilla Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Leni Yulia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Yusuf Tri Herlambang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.271

Keywords:

Nilai dan budaya, Internalisasi, Sekolah Dasar

Abstract

Nilai dan Budaya Sunda merupakan hal yang perlu untuk dijaga dan dilestarikan. Salah satu upaya dalam pelestarian nilai dan budaya Sunda adalah dengan menginternalisasikannya pada pendidikan di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar sebagai lembaga pendidikan formal yang mewadahi proses pembelajaran ilmu pengetahuan dasar untuk bekal di masa selanjutnya. Sehingga nilai dan budaya sunda harus dapat diinternalisasikan pada proses pembelajaran di Sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara kepada tenaga pendidik di SDN Ciluluk 1 dan SDN Ciluluk 2. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah bahwa internalisasi nilai dan budaya sunda di SDN   Ciluluk 1 dan SDN Ciluluk 2 dilakukan melalui proses pembelajaran, dalam mata pelajaran muatan lokal,   kegiatan bermain permainan tradisional Sunda. Efektivitas dari metode yang digunakan dalam menginternalisasi nilai dan budaya Sunda cukup efektif melihat perubahan sikap dan tata krama siswa menjadi lebih baik. Proses penginternalisan di lingkungan sekolah ini pada akhirnya tercermin pada sikap siswa yang berlandaskan nilai dan budaya Sunda

Author Biography

Aulia Nur Hakim, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa semester 3 program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Anwar, S., Schadaw, F. E., & Althafani, A. (2018). Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Bahasa Sunda Untuk Anak—Anak Metode Addie. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer), 3(2), 195-202.

Etnisitas dan Kearifan Lokal : Penerapan Nilai-nilai Budaya Sunda Dalam Pemebentukan Karakter Generasi Milenial. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 9(1), 1-17.

Fadhlillah, A. F. (2015). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO FORMAT FEATURE BERBASIS FLAC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA SUNDA SISWA SEKOLAH DASAR (Kuasi Eksperimen pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Insan Madani Kota Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Fitriyani, A., Suryadi, K., & Syam, S. (2015). Peran Keluarga dalam Mengembangkan Nilai Budaya Sunda. SOSIETAS, 5(2).

Hasanah, A., Gustini, N., & Rohaniawati, D. (2016). Nilai-nilai Karakter Sunda. Deepublish.

Haerudin, D., Sejati, A. P., & Darajat, D.(2021) Pembinaan Keterampilan Berbahasa Sunda Berbasis Pendekatan Pasanggiri Biantara Tematik Aparat Pemerintah Kecamatan Sukasari Kota Bandung.. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 2(1), 16-23.

Kembara, M. D., Rozak, R. W. A., Hadian, V. A., Nugraha, D. M., Islami, M. R. F., & Parhan, M. (2021).

Kulsum, U. (2020). Penguasaan Undak Usuk Bahasa Sunda untuk Meningkatkan Sopan Santun. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah, 9(3), 143-148.

Madjid, M. A. S. R. V., Abdulkarim, A., Iqbal, M., & FPIPS, U. (2016). Peran Nilai Budaya Sunda dalam Pola Asuh Orang tua bagi Pembentukan Karakter Sosial Anak. International Journal Pedagogy of Social Studies, 1(1), 1-7.

Masduki, A. (2015). Kearifan lokal orang Sunda dalam ungkapan tradisional di Kampung Kuta Kabupaten Ciamis. Patanjala, 7(2), 295-310.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.

Susanti, S., & Permana, R. S. M. (2017). PEMBELAJARAN LITERASI BUDAYA SUNDA PADA PESERTA DIDIK SD BESTARI UTAMI, KABUPATEN GARUT, JAWA BARAT. Dharmakarya, 6(2).

Susiati, S. (2020). Pentingnya Melestarikan Bahasa Daerah. May. Diakses Melali : https://doi.org/10.31228/osf.io/wk8xm

Widiawati, N. (2020). Metodelogi Penelitian : Komunikasi dan Penyiaran Islam. Edu Publisher.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Hakim, A. N., Sabilla, A., Yulia, L., & Herlambang, Y. T. (2022). Internalisasi Nilai dan Budaya Sunda di SDN Ciluluk 1 dan 2. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 39–44. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.271

Citation Check