Analisis Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan di SDN Sukamakmur

Authors

  • Dinar Yuliani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Putri Nur Isnaini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Syalwa Poetrie Chiekal Amalia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Prihantini Prihantini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.218

Keywords:

Sarana dan Prasarana Pendidikan, Pengelolaan, Sekolah Dasar

Abstract

Sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor penunjang yang penting pada proses pembelajaran. Namun, pada umumnya tidak semua sekolah memiliki sarana dan prasarana yang memadai dan kebanyakan terjadi pada sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi sarana dan prasarana yang terdapat di SDN Sukamakmur dan cara pengelolaannya untuk menunjang pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada Kepala Sekolah SDN Sukamakmur. Hasil penelitian menunjukan bahwa sarana dan prasarana di SDN Sukamakmur belum memadai hanya terdapat sekitar 70% dari standar yang ditetapkan BSNP. Untuk menyiasati hal tersebut maka pihak sekolah melakukan kegiatan pengelolaan sarana yang maksimal dimulai dari kegiatan perencanaan, pengadaan, penyaluran, inventarisasi, pemeliharaan, penyimpanan, hingga penghapusan dengan dilakukan bersama-sama. Pengelolaan yang baik ini menjadikan pembelajaran tetap berjalan efektif sesuai dengan anjuran dari pemerintah bahkan siswanya masih memiliki motivasi tinggi untuk belajar.

Author Biography

Prihantini Prihantini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia

References

Ananda, R., & Banurea, O. K. (2017). Manajamen Sarana Dan Prasarana Pendidikan (S. Saleh, Ed.). CV. Widya Puspita.

Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

BSNP. (2020). Standar Sarana dan Prasarana.

Fadhilah, N. I. (2014). Peranan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Guna Menunjang Hasil Belajar Siswa Di Sd Islam Al Syukro Universal.

Hasanah, R. (2020). Pengaruh Manajemen Sarana Dan Prasarana Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Tk Al-Fadlillah Maguwoharjo Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 115—122.

Herawati, N., Tobari, & Missriani. (2020). Analisis Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Sekolah Dasar Negeri 20 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1684—1690.

Herlambang, Y. T. (2015). Pendidikan Kearifan Etnik Dalam Mengembangkan Karakter. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1).

Herlambang, Y. T., Abidin, Y., Kuswanto, Setiawan, D., & Hendrawan, B. (2021). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Membangun Desain Pembelajaran Online dengan Memanfaatkan Multiplatform: Sebuah Gerakan Literasi Digital. Massagi: Masyarakat Multiliterasi Pedagogi, 1(1), 1—8.

Irianto, D. M., Yunansah, H., Mulyati, T., Herlambang, Y. T., & Setiawan, D. (2020). Multiliteracy: Alternative Learning Models to Improve Ecological Literacy of Primary School Students. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(9), 614—632.

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1).

Novita, M. (2017). Sarana Dan Prasarana Yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Nur El-Islam, 4(2).

Nurabadi, A. (2014). Manajemen Sarana & Prasarana Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Parid, M., & Alif, A. L. s. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Tafhim Al-’Ilmi, 11(2), 266—275.

Pratomo, I. C., & Herlambang, Y. T. (2021). Pentingnya Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter. JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 7—15.

Prihantini, & Rustini, T. (2020). Pengelolaan Pendidikan. Pustaka Amma Alamia.

Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).

Rachmawati, T. (2017). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. UNPAR Press.

Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif (p. 3).

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan.

Wardani, A., & Afriansyah, H. (2019). Pentingnya Sarana Dan Prasarana Pendidikan.

Yanti, S. D. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan.

Downloads

Published

2022-01-22

How to Cite

Yuliani, D., Isnaini, P. N., Amalia, S. P. C., & Prihantini, P. (2022). Analisis Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan di SDN Sukamakmur. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 243–248. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.218

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>