Kesesuaian Alat Permainan Edukatif Terhadap Aspek Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak

M. Nasirun(1Mail), Anni Suprapti(2), Melia Eka Daryati(3), Indrawati Indrawati(4),

(1)Penddikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bengkulu, Indonesia,
(2)Penddikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bengkulu, Indonesia,
(3)Penddikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bengkulu, Indonesia,
(4)Penddikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bengkulu, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Metric
DOI : 10.31004/aulad.v4i3.150
Full Text:    Language: id | Submitted: 2021-09-12 | Published: 2021-10-21

Abstract


Permasalahan penelitian apakah Alat Permainan Edukatif yang dihasilkan oleh mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Guru PAUD FKIP UNIB telah sesuai dengan kriteria Alat Permainan Edukatif yang dapat menunjang perkembangan bahasa dan kognitif anak usia dini. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah mahasiswa S1 PG PAUD yang duduk pada semester III sejumlah 75 orang. Hasil penelitian, secara umum Alat Permainan Edukatif yang telah dihasilkan oleh mahasiswa S1 PG PAUD, meliputi Alat Permainan Edukatif yang menunjang aspek perkembangan bahasa (buku cerita, permainan huruf) dan aspek perkembangan kognitif (permainan angka), berada pada kategori baik dengan rata-rata 3,7. Artinya, Alat Permainan Edukatif tersebut telah memenuhi syarat indikator Alat Permainan Edukatif yang dapat menunjang perkembangan bahasa dan kognitif anak. Rekomendasi untuk penelitian berikutnya aspek perkembangan anak yang diteliti lebih komprehensif, sehingga dapat menghasilkan Alat Permainan Edukatif yang menunjang keseluruhan aspek perkembangan anak usia dini

Keywords


Alat Permainan Edukatif; Aspek Perkembangan Bahasa; Aspek Perkembangan Kognitif

References


Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya.

Astini, B. N., -, N., Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2017). Identifikasi Pemafaatan Alat Permaian Edukatif (Ape) Dalam Mengembangka Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 31–40. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15678

Ayu, C. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Membilang dengan Metode Bermain Media Kartu Angka pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Taqifa Bangkinang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 161–172.

Baharun, H., Zamroni, Z., Amir, A., & Saleha, L. (2021). Pengelolaan Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382–1395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.763

Dwiyanti, L., & Khan, R. I. (2020). Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Ape. Prosiding Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan, 8.

Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Pergutuan Tinggi.

Fadlillah, M. (2017). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini (3rd ed.). Prenada Media.

Hardianti, F. (2019). Alat Permainan Edukatif Scrabble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B. Jurnal Golden Age, 3(01), 17. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1354

Indrayasa, K. B., & Suryanti, P. E. (2020). Keterlibatan Orang Tua Dalam Kegiatan Kreatif Anak Usia Dini Selama Belajar Dari Rumah. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.25078/pw.v5i2.1759

Indriasih, A. (2015). Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Di Kelas III SD. Jurnal Pendidikan, 16(2), 127–137. https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.343.2015

Kurnia, R., & Zulkifli, N. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (Ape) Bahan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Melati Dharma Wanita Air Tiris, Kecamatan Kampar. Educhild: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 5(1), 10.

Mubarok, A. A. S. A., & Amini, A. (2020). Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77–89. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221

Nasirun, M., & Yulidesni, Y. (2019). Meningkatkan Keterampilan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional. 2(1), 9.

Nasirun, M., Yulidesni, Y., Indrawati, I., & Qalbi, Z. (2020). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Di Taman Kanak-Kanak Al-Jundi Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v1i1.14039

Nayazik, A., Suwignyo, J., & Meidika, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Mengurutkan Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(2), 160–171. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p160-171

Negara, I. G. N. M. K., & Darmawati, I. D. A. A. (2017). Hubungan Antara Sosio-Demografik Dan Pengetahuan Dengan Perilaku Orang Tua Dalam Pemilihan Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Denpasar. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 1(2), 160–163. https://doi.org/10.37294/jrkn.v1i2.84

Sunardi, S., Sujadi, I., & Bachri, B. S. (2017). Media Pembelajaran dan Pengembangan PAUD Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Suyadi, S., & Selvi, I. D. (2019). Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 385. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.345

Tatminingsih, S. (2019). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130

Tedjasaputra, M. S. (2007). Bermain, Mainan, dan Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Grasindo.

Trimantara, H., & Mulya, N. (2019). Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4553

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692

Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media.

Zami`ah, N., & Nurhenti, D. (2013). Pemanfaatan Media Permainan Balok Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok A Di Ppt Kuncup Harapan Semolowaru Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(3). https://core.ac.uk/reader/230638427


Article Metrics

 Abstract Views : 110 times
 PDF Download : 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 M. Nasirun, Anni Suprapti, Melia Eka Daryati, Indrawati Indrawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.