Pengelolaan Perpustakaan dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar

Rachmi Nursifa Yahya(1Mail), Putri Salma N(2), Aulia Nur Jannah(3), Prihantini Prihantini(4),

(1)Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
(2)Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
(3)Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
(4)Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Metric
DOI : 10.31004/aulad.v4i3.161
Full Text:    Language: id | Submitted: 2021-10-19 | Published: 2021-11-12

Abstract


Minat baca di indonesia khususnya di sekolah dasar masih terbilang sangat rendah, hal tersebut di pengaruhi oleh beberapa faktor baik dari internal maupun eksternal salah satunya adalah perpustakaan. Perpustakaan merupakan suatu pendukung sistem pendidikan oleh karena itu diperlukan pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar khususnya bagi siswa sekolah dasar. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis lebih dalam mengenai pengelolaan perpustakaan dalam mengembangkan minat baca siswa sekolah dasar.  Kajian penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif atau pendekatan secara deskriptif. Dimana teori serta dasar pembahasannya didapat dari hasil studi kepustakaan dari beberapa sumber seperti buku, jurnal, dan artikel. Untuk mengembangkan minat baca siswa sekolah dasar maka perlu memperhatikan pengelolaan perpustakaan yang mempunyai kriteria seperti jaringan keluar yang luas, memberikan akses maupun layanan yang nyaman dan mudah, mempunyai koleksi buku yang lengkap dan melakukan agenda rutin untuk membahas mengenai keberlanjutan perpustakaan ke depannya. Dari hasil pembahasan dapat diketahui bahwa minat baca khususnya bagi siswa sekolah dasar dapat kita upayakan dengan berbagai cara yaitu dengan dilatihkan, dibiasakan dan dikembangkan melalui pengelolaan perpustakaan yang menunjang.


Keywords


Pengelolaan Perpustakaan; Minat Baca; Siswa;

References


Dahlan, M. (2014). Optimalisasi Pengelolaan Perpustakaan dalam Peningkatan Minat Baca Siswa SMA Cokroaminoto Tamalanrea Makassar. Diss. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Fitria, D. N. (2019). Manajemeen Perpustakaan Dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa Kelas 3-6 DI MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus. Diss. IAIN KUDUS.

Herlambang, Y. T. (2015). Pendidikan kearifan etnik dalam mengembangkan karakter. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1).

Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Bumi Aksara.

Hoiri, W. (2020). Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Desa Malapari Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari. . . Jurnal Pendidikan Dosen Dan Guru, 1(1), 17–37.

Imam Catur Pratomo, Y.T. (2021). Pentingnya Peran Keluarga dalam Pendidikan. JPPD : Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8 (1), 7-16.

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis problematika pembelajaran daring dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1).

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2005). In cet.1. Edisi ketiga. Balai Pustaka.

Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79-95.

Kodri, Muhammad, Fahmi Fahmi, A. A. H. (2019). Peran Pengelola Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Pemanfaatan Perpustakaan Sma N Surulangun Kab. Musi Rawas Utara. Diss. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Laila, I. (2012). pengelolaan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa studi pada perpustakaan Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi, Skripsi jurusan Ilmu perpustakaan dan Informasi Islam. UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, 27–29.

Muspawi, M., & Piana, E. O. (2018). Manajemen Perpustakaan Sekolah Untuk Sumber Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(2).

Nafisah, A. (2016). Arti penting perpustakaan bagi upaya peningkatan minat baca masyarakat. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 2(2).

Nopitasari, N., Muazza, M., & Masbirorotni, M. (2021). Hubungan Manajemen Perpustakaan dan Peran Guru terhadap Minat Baca Siswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2459-24698.

Rahayuningsih, F. (2007). Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ramdani., M. H. I. & I. (2015). Menumbuhkan minat membaca pada anak usia dini. Jakarta: Redaksi Luxima, 29.

Suherman. (2013). Perpustakaan sebagi jantung sekolah. Bandung, 8–10.

Tusadikyah, N. (2017). Pengelolaan perpustakaan dalam upaya peningkatan minat baca siswa di Sekolah Dasar Negeri Kauman 1 Malang. Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Utami, Pri, and B. N. (2012). Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SDIT Iqra’Kota Solok. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 270–273.

Yuniarti, Y., Mulyati, T., Abidin, Y., Herlambang, Y. T., & Yusron, E. (2021). Eksplorasi Pembelajaran Matematika Secara Daring dalam Dimensi Pedagogik. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 856-871.

Zohriah, A. (2017). Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(01), 11–22.


Article Metrics

 Abstract Views : 42 times
 PDF Download : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Rachmi Nursifa Yahya, Aulia Nur Jannah, Putri Salma N, Prihantini ., Yusuf Tri Herlambang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.