Pemakaian Bahasa Non Verbal Guru dan Peserta Didik di Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Deka Praditya Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.318

Keywords:

bahasa non verbal, peserta didik kelas bawah, pendidikan anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa non verbal guru dan bahasa non verbal peserta didik jenjang PAUD. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Subyek penelitian terdiri dari 2 kelompok PAUD yang terdiri dari 26 peserta didik PAUD. PAUD yang menjadi lokasi penelitian berada di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah bernama PAUD Lentera. Peserta didik PAUD dipilih sebagai objek penelitian karena dikategorikan oleh Vygotsky berada di dalam masa preverbal, tahap komunikasi anak yang dominan menggunakan bahasa non verbal. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati guru dan peserta didik kelas PAUD dari 2 tingkatan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) ketika mengajar di kelas, guru dominan menggunakan bahasa non verbal berupa paralinguistik, haptiks, kinesik, dan 2) ketika berkomunikasi dengan guru, peserta didik jenjang PAUD dominan menggunakan bahasa non verbal berupa kinesik. Kinesik yang digunakan peserta didik didominasi oleh gerak tubuh atau gestur.

References

Aghnadya, W., I. Nursih, and T. I. Prasetya. 2015. “Komunikasi Instruksional Guru Seni Tari Rampak Bedug Kepada Siswa Tuna Rungu Dan Siswa Tuna Grahita Di Sekolah Khusus (SKH) Korpri Pandeglang.” Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Arfani, Junita W., and Sugiyono Sugiyono. 2014. “MANAJEMEN KELAS YANG EFEKTIF: PENELITIAN DI TIGA SEKOLAH MENENGAH ATAS.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. doi: 10.21831/amp.v2i1.2408.

Aziz, Abdul. 2017. “KOMUNIKASI PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM.” MEDIAKITA. doi: 10.30762/mediakita.v1i2.365.

Bakhti, K. Y. 2014. “Analisa Karakteristik Bahasa Yang Digunakan Siswa Dalam Berkomunikasi Lisan Menggunakan Bahasa Inggris.” J-IKA 1(2):89—99.

Budyatna, Muhammad, and Leila Mona Ganiem. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Fadlillah, M. 2016. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif Dan Menyenangkan. Jakarta: Prenada media.

Feralina, N. 2013. “Analisis Semiotika Makna Pesan Non Verbal Dalam Iklan Class Mild Versi Macet Di Media Televisi.” Ilmu Komunikasi 1(359).

Isnan, F. 2014. “Analisis Materi Tata Bahasa Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Menengah Atas.” Universitas Negeri Yogyakarta.

KBBI V. 2016. “Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima (KBBI V).” Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved April 11, 2022 (http://kbbi.web.id/pusat).

Kurniawan, D. 2014. “DESKRIPSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENDIDIK DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.” SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 2(2).

Maulana, Egy Rizky. 2017. “Analisis Semiotika Pada Logo Hits Radio.” Universitas Pasundan.

Muhammadiah, Mas’ ud. 2017. SETAJAM BAHASA JURNALISTIK (Analisa Semiotika Teks Berita Dalam Surat Kabar). Makassar: Pustaka AQ Publishing House.

Mulyana, Deddy. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oktarina Yetty, Abdullah Yudi. 2017. “Komunikasi Dalam Perspektif Teori Dan Praktik.” in Komunikasi dalam Perspektif Teori dan Praktik.

Permatasari, V. 2015. “Implementasi Kontrol Bilateral Untuk 1 Dof Haptic Manipulator.” Institut Technology Sepuluh Nopember.

Putrayasa, Ida Bagus. 2014. Pragmatik. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ramadhan. 2017. “Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan UNIGA.

Salisah, Nikmah Hadiati. 2015. “Psikologi Komunikasi: Buku Perkuliahan Program S-1 Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi IAIN Sunan Ampel Surabaya.” Book.

Sanjaya, Yohana Christine. 2014. “Pembelajaran Penulisan Hanzi Dengan Metode Demonstrasi Bagi Siswa Kelas Viii Smp Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta.” Universitas Sebelas Maret.

Suda, I. K. 2016. “Pentingnya Media Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Di Sekolah Dasar.” Universitas Hindu Indonesia.

Sulistyo, Edy Tri. 2014. PRAGMATIK: Suatu Kajian Awal. Surakarta: UNS Press.

Syahrum, Syahrum, and Salim Salim. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Wulandari, Retno Tri. 2017. “Pembelajaran Olah Gerak Dan Tari Sebagai Sarana Ekspresi Dan Apresiasi Seni Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan 1—18.

Yohana, Nova. 2012. “Perilaku Komunikasi Verbal Dan NonVerbal Anak Tunagrahita.” Jurnal Penelitian Komunikasi. doi: 10.20422/jpk.v15i2.709.

Zidny, D. M. 2013. “Metafora Kecantikan Dalam Iklan Di Mata Konsumen: Analisis Psikologis Persepsi Konsumen Terhadap Metafora Kecantikan Dalam Iklan Versi Vaseline, Nivea Dan Citra.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Praditya, D. (2022). Pemakaian Bahasa Non Verbal Guru dan Peserta Didik di Pendidikan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.318

Issue

Section

Research Articles

Citation Check