Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Melalui Aplikasi “Giat Bergerak” untuk Anak Usia 4-6 Tahun di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Firda Rahmadini Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-5373-5049
  • Lizza Suzanti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Rr. Deni Widjayatri Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.368

Keywords:

Fisik Motorik, Giat Bergerak, Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan pembelajaran menjadi terbatas sehingga banyak pendidik mengalami berbagai hambatan khususnya secara teknologi. Hal ini memberikan dampak pula pada stimulasi perkembangan anak salah satunya secara fisik motorik yang menjadi kurang optimal. Pada penelitian ini diterapkan sebuah aplikasi bernama “Giat Bergerak” sebagai media guna mengembangkan aspek fisik motorik anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manfaat aplikasi “Giat Bergerak” dalam mengembangkan aspek fisik motorik untuk anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan responden berjumlah 45 pendidik anak usia dini. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Form. Hasil dari penelitian ini dapat menunjukkan beberapa manfaat bagi pendidik anak usia dini terutama dalam hal strategi pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan fisik motorik untuk anak usia 4-6 tahun pada masa pandemi Covid-19. Hasil tersebut diperoleh berdasarkan analisis pada masing-masing aspek yang dikaji, dimana mampu memberikan inovasi bagi pendidik untuk lebih meningkatkan pembelajaran pada anak usia dini.

References

Badriyah, K. (2019). Improving Motor Skills and Math Logic through the Method of Traditional Games Engklek in Early Childhood. International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018), 306—309.

Faisal, V. I. A. (2019). Impementasi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK Rumah Citta Yogyakarta. Jurnal Al Qalam, 20(1), 1—20.

Herniawati, A. (2019). Game Edukasi Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini ( Aud ). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(63), 1—7.

Ismawati, P., Maulida, S., & Maysaroh, U. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak di RA Nurul Hikmah Ketemas Dungus Puri Mojokerto. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 20—33.

Kurniasih, E. (2019). Media Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif, 9(2), 87—91.

Kustiawan, U. (2020). Clothing Pattern Media Development in Simple Sewing Lessons to Develop Fine Motoric Children Aged 5-6 Years. 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020), 348—353.

Kuswoyo, D. D., & Wasa, C. (2021). Jump Game Development as a Media in Improving Rough Motoric of The Kindergarten Students in Malind District-Merauke. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 10(1), 1—4.

Nurazka, R. A., Rahmadini, F., Hisyam, I. N., Fitriani, S., Zamil, I., & Widjayatri, R. D. (2022). Android Application Namely Giat Bergerak as an Effective Solution to Develop Motoric Skills in Pandemic Era. 668, 213—218.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Palestina, S. (2021). Efektifitas Penggunaan Daring Bagi Anak PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 61—66.

Pradana, P. H. (2019). The Effect of Finger Painting Media Implementation on Audio Fine Motor Skills. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 111—117.

Purwatiningsih, S. D., Bachri, B. S., & Hasibuan, R. (2019). Development of Circuit Games to Develop Rugged Motoric Ability and Language. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(3), 166—169.

Rizki, H., & Aguss, R. M. (2020). Analisis Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 1(2), 20—24. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i2.588

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39—44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133—140.

Wiriasto, G. W., Syamsu, M. M., & Syamsul, I. L. (2018). Workshop Pemanfaatan Permainan Edukasi Digital Bagi Guru Pra-Sekolah Di Kota Mataram. 1, 155—162.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81—96.

Downloads

Published

2022-08-19

How to Cite

Rahmadini, F., Suzanti, L., & Widjayatri, R. D. (2022). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Melalui Aplikasi “Giat Bergerak” untuk Anak Usia 4-6 Tahun di Masa Pandemi Covid-19. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 280–288. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.368

Issue

Section

Research Articles

Citation Check