Persepsi Pendidik PAUD Terhadap Aplikasi EduGame MARU sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh

Desi Safitri(1Mail), Lizza Suzanti(2), Rr. Deni Widjayatri(3),

(1)Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
(2)Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
(3)Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Metric
DOI : 10.31004/aulad.v5i2.369
Full Text:    Language: id | Published: 2022-08-16

Abstract


Kendala dalam pembelajaran jarak jauh terkait ketersediaan media pembelajaran berbasis teknologi bagi anak usia dini dapat disiasati dengan membuat sebuah aplikasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui persepsi pendidik anak usia dini terhadap Aplikasi EduGame MARU sebagai alternatif media pembelajaran jarak jauh. Pendekatan kuantitatif dengan metode survey digunakan dalam studi ini. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner melalui google form diisi oleh 35 pendidik anak usia dini dengan teknik purposive sampling. Hasil studi menunjukkan responden memiliki persepsi positif terhadap Aplikasi EduGame MARU karena menumbuhkan semangat saat belajar serta menyenangkan bagi anak dalam mengenal matematika permulaan. Aplikasi EduGame MARU pun efektif digunakan selama pembelajaran jarak jauh dan dapat memberikan umpan balik kepada pendidik untuk menyebarluaskan Aplikasi EduGame MARU kepada pendidik anak usia dini lainnya. Rekomendasi dalam penelitian ini adalah Aplikasi EduGame MARU hadir sebagai alternatif media penunjang dalam pembelajaran jarak jauh sehingga kendala yang dihadapi oleh pendidik dapat diatasi dengan optimal.


Keywords


Aplikasi EduGame MARU; Media Pembelajaran; Matematika Permulaan; Pembelajaran Jarak Jauh; Anak Usia Dini

References


Adawiyah, R., Safrida, L. N., Jember, U., Ii, J. K., Bumi, K., Boto, T., & Timur, J. (2021). Pengembangan dan Sosialisasi Game Edukasi Matematika Berbasis Android “ GESIT ” sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19 pemerintah Indonesia guna menekan penyebaran virus melalui social distancing . Kebijakan Pendidikan dan Kebuda. 2(2), 83–92.

Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008–2016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091

Bernabini, L., Tobia, V., Guarini, A., & Bonifacci, P. (2020). Predictors of Children’s Early Numeracy: Environmental Variables, Intergenerational Pathways, and Children’s Cognitive, Linguistic, and Non-symbolic Number Skills. Frontiers in Psychology, 11(November), 1–15. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.505065

Choiriyah, Mayuni, I., & Dhieni, N. (2022). European Journal of Educational Research. European Journal of Educational Research, 11(1), 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Suntonrapot-Damrongpanit/publication/356662582_Effects_of_Mindset_Democratic_Parenting_Teaching_and_School_Environment_on_Global_Citizenship_of_Ninth-grade_Students/links/61a6dda685c5ea51abc0f7b6/Effects-of-Mindset-Dem

Dora et.al. (2015). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent Method ( Lcm ) Berbasis Android. Jurnal Informatika Global, 6(1), 7–14.

Efriana, L. (2021). Problems of Online Learning during Covid-19 Pandemic in EFL Classroom and the Solution. JELITA: Journal of English Language Teaching and Literature, 2(1), 38–47.

Hair, J. F., W.C., B., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis. Pearson.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503. file:///C:/Users/win10/Downloads/8503-Article Text-27609-1-10-20200629 (1).pdf

Hanurani, H. (2019). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Biologi Madrasah Aliyah Melalui Pembelajaran Jarak Jauh. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 13(1), 10–22. https://doi.org/10.38075/tp.v13i1.9

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19 Abstrak. 5(1), 665–675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671

Iyan Rosita Dewi Nur, Herman, T., & Mariyana, R. (2019). Logical-Mathematics Intellegence in Early Childhood. International Journal of Social Science and Humanity, April, 105–109. https://doi.org/10.18178/ijssh.2018.v8.944

Janah, S. M. (2021). Pemanfaatan Game Edukasi Marbel Angka Berbasis Android Sebagai Media Pengenalan. Iain Purwokerto.

Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 1–20.

Khemaswati, D. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berstandar NCTM dengan Nuansa Cognitive Load Theory Pada Siswa Smk. UIN Surabaya.

Lubis, F. N., Safitri, D., Qotrunnida, N., Winata, D. K., & Widjayatri, R. D. (2021). Hantaman Pandemi Covid-19 Bagi Guru TK/PAUD dalam Menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh di Kelurahan Kembangan, Jakarta Barat.

Maghfira, S. A. (2021). The Use Of Whatsapp In Online Learning English (Teachers’ Perceptions). SKETCH JOURNAL: Journal of English Teaching, Literature and Linguistics, 1(1), 48–61.

Makhiyah, A., & Watini, S. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom pada Masa Pandemi dalam Pengembangan Aspek Kognitif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4238–4246.

Masitah, S., Novianti, R., & Puspitasari, E. (2021). Pengembangan Media Smart Number Game untuk Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1900–1909.

McKenna, M., Soto-Boykin, X., Cheng, K., Haynes, E., Osorio, A., & Altshuler, J. (2021). Initial Development of a National Survey on Remote Learning in Early Childhood During COVID-19: Establishing Content Validity and Reporting Successes and Barriers. Early Childhood Education Journal, 49(5), 815–827. https://doi.org/10.1007/s10643-021-01216-y

Mellati, M., & Khademi, M. (2019). Technology-Based Education (pp. 48–62). https://doi.org/10.4018/978-1-5225-7010-3.ch003

Memon, M. A., Ting, H., Cheah, J.-H., Thurasamy, R., Chuah, F., & Cham, T. H. (2020). Sample Size for Survey Research: Review and Recommendations. Journal of Applied Structural Equation Modeling, 4(2), i–xx. https://doi.org/10.47263/jasem.4(2)01

Nesbit, J., Belfer, K., & Leacock, T. (2009). Learning Object review Instrument (LORI) User Manual. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.

Novikasari, I. (2016). Matematika dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–16.

Nurhayati, E., & Ellawati, S. (2022). Media Aplikasi Paint terhadap Kemampuan Matematika Awal Anak Usia Dini. 5(1), 91–102.

Permata, V. J., & Dhoehaeni, H. (2021). Rumah Belajar as Online Learning Model for Early Childhood Education . Proceedings of the 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), 538(Icece 2020), 316–320. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.067

Pratiwi, H. T., & Chasanah, L. N. (2018). Kajian Konseptual Model Blended Learning Berbasis. Seminar Nasional Pendidikan 2018, 38–48.

Rizaldi, D. R., & Fatimah, Z. (2020). How the Distance Learning can be a Solution during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Asian Education, 1(3), 117–124. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i3.42

Saleh Haji. (2019). NCTM’s Principles and Standards for Developing Conceptual Understanding in Mathematics. Journal of Research in Mathematics Trends and Technology, 1(2), 56–65. https://doi.org/10.32734/jormtt.v1i2.2836

Satrianingrum, A. P., Prasetyo, I., Anak, P., Dini, U., & Yogyakarta, U. N. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD Abstrak. 5(1), 633–640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Schlosser, L. A., & Simonson, M. (2019). Distance Education : Definition and Glossary of Terms By. Distance Education, 5(3), 211–213. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=ehh&AN=16304241&site=ehost-live

Setiawan, B., Amarthani, S. I., & Akhyar, S. N. (2021). Efektivitas Penggunaan Video Based Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(2), 101. https://doi.org/10.24114/jtp.v14i2.25814

Sholihah, I. N. M., & Handayani, T. (2020). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Bimbingan Klasikal Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj). PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2), 50–58.

Srihartini, Y., & Lestari, M. P. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 135–154. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v1i1.219

Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. Y. (2021). The Introduction of Mathematic Concept in Early Childhood Education: HOTS Skill Stimulation. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 148. https://doi.org/10.24235/awlady.v7i2.8079

Suryani, E., & Purwanti, K. Y. (2019). Pengenalan Game Edukasi Android Sebagai Penunjang Perkembangan Kognitif Anak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 148. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1486

Suwoto, N. A. R. D. (2021). Aplikasi “Pengenalan Buah Dan Binatang” Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 8–14. https://doi.org/10.24903/jw.v6i1.585

Tatminingsih, S., Oktarianingsih, T., & Jovanka, D. R. (2021). Online Learning for Early Childhood (Case Study in Indonesia). Journal of Southwest Jiaotong University, 56(1). https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.56.1.11

Turney, K., & Wildeman, C. (2017). Adverse childhood experiences among children placed in and adopted from foster care: Evidence from a nationally representative survey. Child Abuse & Neglect, 64, 117–129. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2016.12.009

Ulva, N., & Puspitasari, E. (2021). Pengembangan Permainan Card Number untuk Kemampuan Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun. 5, 3157–3164.

Wardhani, D. K. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 153–159. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9355

Widjayatri, R. D., Suzanti, L., Sundari, N., & Fitriani, Y. (2021). EduGame MARU ( Fun Math ) Application Comes As a Preschoolers Early Math Introduction Solution.

Widjayatri, R. D., Suzanti, L., Sundari, N., Fitriani, Y., Nurazka, R. A., Rahmadini, F., Ichsan, R. Y., & Qotrunnida, N. (2022). EduBasic Journal : Jurnal Pendidikan Dasar EduGame Maru : Application for Early Mathematics Learning as an Alternative for Optimizing Cognitive Ability for 4-6 Years Children. 4(1), 11–22.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626


Article Metrics

 Abstract Views : 84 times
 PDF Download : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Desi Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.